Cari Blog Ini

Senin, 07 Mei 2012

Antara Dunia Nyata Dunia Lain Dan Keduanya



Part I


Didalam dunia nyata segala bentuk kehidupan, permasalahan, keluh, kesah, sedih, bahagia dan sebagainya mungkin dialami oleh semua orang baik dirasakan atau tidak secara langsung. Realita kehidupan kita sebut saja itu, bahkan ada juga yang berpendapat hidup didunia adalah sandiwara ada juga pendapat bahwa di dunia hidup hanya sementara dengan tidak mengesampingkan kehidupan-kehidupan lainnya. Didunia nyata segala yang kita lihat dan alami akan dirasakan dengan kebenarannya baik keindahan alam fenomena alam sampai dengan bencana alam tentunya kita mesti siap menyikapi dan memahami tentang tuntunan hidup didunia nyata.

Didunia ini keindahan alam dapat kita rasakan dan nikmati berupa kekayaan alam dan sumber daya alam dimana kita memilikinya tanpa harus meminta karena itu semua tercipta untuk dunia ini dunia nyata untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Contoh sederhana yang kita nikmati dan rasakan setiap saat kita dalam kehidupan kita didunia dalam menikmati keindahan alam adalah kebebasan kita menghirup udara kebebasan kita menikmati kehidupan siang dan malam.

Dalam hal fenomena alam kita tidak akan lepas dari nalar kita apakah ini nyata atau tidak karena tidak mudah bagi kita untuk memahami dan mengerti bagaimana sebuah fenomena itu bisa terjadi terlebih kita adalah seorang awam, fenomena alam bisa berupa keindahan atau pun sebaliknya dalam hal ini fenomena alam terjadi dalam kurun waktu tertentu dan tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.salah satu contoh sederhana tentang fenomena alam adalah proses terjadinya daratan, lautan, gurun, kutub, pelangi, gerhana bulan sapai yang terbaru saat ini adalah fenomena supermoon.

Yang terakhir adalah bencana alam. Kita sebagai penghuni dunia yang nyata, yang fana yang sandiwara ini tentu pernah merasakan melihat mengalami kejadian bencana alam baik secara langsung ataupun secara tidak langsung bencana alam lebih identik dengan musibah kecelakaan dan mungkin bisa disebut takdir meskipun takdir tidak hanya untuk kejadian berupa bencana. Disamping itu juga campur tangan manusia menjadi salah satu faktor utama terjadinya bencana alam yang lebih mementingkan kepuasan pribadi dan kekuasaan semata sehingga dengan bebas mengacak-acak alam kita dan menimbulakn resiko bersama. Secara pribadi saya artikan bahwa bencana alam adalah suatu peristiwa yang dialami yang menimbulkan kerusakan dan kehilangan pada sesuatu yang menimpanya secara tiba-tiba dan atas kehendak alam itu sendiri dan atau campur tangan manusia itu sendiri. Salah satu contoh sederhananya adalah banjir, sambaran petir, badai dan sebagainya.

Terlepas dari hal-hal diatas kita kembalikan lagi semua kepada sang pencipta ada tiadanya dan terjadi tidaknya hal itu adalah kehendaknya. kita mesti bersyukur dalam kontek hal yang positif guna menjaga, melindungi dan mensyukuri atas apa yang ditakdirkan untuk kita karena sebaik-baiknya kita hidup di dunia ini adalah mereka-mereka yang mensyukuri segalanya dengan tanpa pamrih.



next time to continues part II - part III

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Ciamis, Jawa Barat, Indonesia